Rabu, 01 April 2015

Jepang merupakan salah satu negara yang terlibat dalam perang dunia. Tahukah kamu negara mana saja yang terlibat perang dunia II?

 Pernahkah kamu menonton film yang berjudul ”Hiroshima”? Dalam film tersebut menceritakan tentang pemakaian senjata penghancur massal pertama kali di dunia. Sebuah bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap kota Hiroshima, Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945. Akibat dari ledakan bom tersebut seluruh bangunan di Hiroshima luluh lantak rata dengan tanah, manusia terbakar menjadi karbon, dan yang tersisa hidup mengawali penderitaan baru. Peristiwa tersebut merupakan bagian dari Perang Dunia II. Jepang dengan mengandalkan pasukan berani matinya dan Amerika yakin dengan senjata bom nuklirnya akan mengalami kemenangan.
 Dengan ambisi militernya yang luar biasa dalam Perang Dunia II, Jepang dapat merebut daerah-daerah di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Bagaimanakah kronologi Perang Duni II (termasuk penduduk Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia akan dibahas dalam bab ini. Hal ini penting sekali kita ketahui agar dapat memberi gambaran kepada kita atas penderitaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Dengan demikian seharusnya kita akan menghargai jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar